10.07.2012

Tips Aman Berkendara Bagi Pelajar

Belakangan ini, kecelakaan sering banget terjadi. Bahkan beberapa kasus kecelakaan melibatkan para pelajar. Kalau mau jujur, kebanyakan pelajar yang mengendarai motor belum memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Tapi, mau bilang apa lagi?

Karena cukup sulit untuk melarang para pelajar untuk tidak mengendarai motor, cara terbijak adalah memberi pengetahuan tentang cara berkendara yang baik, benar dan aman. Nah, bagi kalian para pelajar coba deh baca beberapa tips berikut lalu sebarkan pada teman-teman dan jangan lupa untuk diterapkan ya.

Selalu gunakan HELM

Udah tau dong fungsi helm untuk apa? Yap, buat melindungi kepala kalau kalian jatuh. Selain itu, helm juga berguna untuk melindungi kepala dari terik matahari serta melindungi mata dari segala debu dan serangga yang mungkin ada di jalanan. Tapi, kenapa masih banyak yang tidak mau pakai helm?

Jangan ugal-ugalan

Pelajar memang masih punya jiwa muda yang bergelora. Tapi, bukan berarti menjadi raja jalanan. Hormati semua pengguna jalan dan jangan membahayakan yang lain.




Patuhi semua rambu lalu-lintas

Rambu lalu lintas dibuat dan dipasang untuk dipatuhi. Selalu pelankan laju kendaraan jika ada orang yang akan menyebrang di zebra cross. Melanggar rambu lalu-lintas sama halnya dengan menginjakan satu langkah mendekati malaikat maut.

Jangan berkendara sambil SMS/Telepon

SMS atau telepon akan mengalihkan perhatian saat berkendara dan membuat tidak fokus, utamanya saat mengetikan SMS. Selain itu, jika tidak berhati-hati ada risiko ponsel akan terjatuh. Kalau telepon menggunakan handsfree sebenarnya boleh saja, tapi LEBIH BAIK JANGAN karena sama saja akan membuyarkan konsentrasi.

Jaga jarak dengan kendaraan di depan

Jarak yang aman itu tergantung pada kecepatan saat berkendara, tapi setidaknya lebih dari 3 detik. Maksudnya, ada waktu 3 detik sebelum kendaraan kita menyentuh kendaraan di depan. Waktu ini bisa digunakan untuk mengerem jika kendaraan di depan berhenti mendadak.

Jangan sejajar dengan kendaraan besar

Kendaraan besar seperti bus dan truk biasanya cukup berbahaya di jalan, terutama bagi pelajar. Jujur aja, pasti ada 'sensasi' tersendiri jika sudah bisa menyalip kendaraan besar. Tapi, ada baiknya jika ingin menyalip kendaraan besar pastikan ada ruang yang cukup untuk menyalip, lalu dahuluilah secepat mungkin tapi jangan sampai kehilangan kendali karena bisa sangat berbahaya.

Pilih rute teraman

Tips terakhir biar aman berkendara bagi pelajar adalah pilih rute teraman, jika berkendara dari rumah ke sekolah pilihlah rute dengan jalan yang paling sepi, tidak ada kendaraan besar serta jalannya bagus. Ini setidaknya meningkatkan kemungkinan untuk selamat sampai tujuan dan menurunkan risiko kecelakaan.

Oke, sekian tips aman berkendara bagi pelajar. Hati-hati di jalan.
Posted By: Ari Kurniawan

Tips Aman Berkendara Bagi Pelajar


Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Follow Us

About Me

Ari Kurniawan (@idearik) : Penulis sekaligus pemilik dari Dearryk.Com, saat ini masih duduk di bangku SMA. Punya cita-cita menjadi pengusaha atau pembuat robot.

Hobi membuat mainan dari kertas (paper toys) dan menulis.

Saya Bagian Dari...

Cerpenmu
Photobucket

Stats

Check PageRank

© Dearryk.Com All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates