7.19.2011

18 Karakter Bangsa Indonesia

Semenjak saya mulai bersekolah di SMA, guru-guru yang masuk ke kelas saya selalu saja membahas tentang yang namnya karakter bangsa. Misalnya saat tadi ada pelajaran tentang Wawasan Wiyata Mandala, tiba-tiba bisa menyinggung tentang karakter bangsa.

Kemudian, ada seorang guru yang menjelaskan tentang 18 karakter bangsa. Sayangnya, beliau tidak bisa menyebutkan semuanya. Akhirnya, karena sudah penasaran saya pun mencari tentang 18 karakter bangsa yang selama ini dimaksud oleh guru-guru saya.



Berikut ini adalah 18 karatek bangsa yang dimaksud oleh guru-guru saya selama ini :


1. Religius : Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan selalu hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

2. Jujur : Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan.

3. Toleransi : Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

4. Disiplin : Tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

5. Kerja Keras : Perilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

6. Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.

7. Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

8. Demokratis : Cara berpikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

9. Rasa Ingin Tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.

10. Semangat Kebangsaan : Cara berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompoknya.

11. Cinta Tanah Air : Cara berpikir, bersikap dan berbuat yang menunjukan rasa kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.

12. Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

13. Bersahabat/Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.

14. Cinta Damai : Sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.

15. Gemar membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.

16. Peduli Lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

17. Peduli Sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.

18. Tanggung-Jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Nah, itulah yang dimaksud dengan 18 karakter bangsa beserta Nilai dan Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Terimakasih pada Ibu Wahyuti yang telah menuliskan tentang pendidikan karakter bangsa, sehingga saya bisa mengetahui 18 karakter bangsa tersebut.
Posted By: Ari Kurniawan

18 Karakter Bangsa Indonesia


Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

21 komentar:

  1. Sopan, Ramah, inovatif, menghargai orang lain. Eit...tapi yang pasti bangsa ini belum pintar menghargai pahlawanya sendiri..setuju??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju..............

      Hapus
  2. BETUL.... Pahlawan yang dihargai hanya sebagian, sementara sisanya malah terkesan dilupakan.. buktinya masih banyak veteran perang yang tidak mendapat apapun dari jasanya selama perang kemerdekaannya..

    BalasHapus
  3. BETUL..... SAYA SETUJU......

    BalasHapus
  4. Tulisan yang bagus! Mas, saya ijin kutip untuk tulisan saya di kompasiana ya. Thanks anyway :)

    BalasHapus
  5. bahkan para veteran hidup dalam kemiskinan tidak ada kesejahteraan yang diberikan oleh pemerintah. heem

    BalasHapus
  6. ya betul sekali,, pemerintah sepertinya mengangab bahwa para pahlahan hanyalah sebuah gelar yang di berikan. tetapi pemerintah tidak mengetahui negara ini bisa merdeka sampai saat ini adalah perjuangan siapa? kalau bukan para pahlawan dan veteran itu...

    BalasHapus
  7. pahlawan tak di kenal karya toto sudarto bachtiar
    miris dgn negeri ini

    BalasHapus
  8. yakin tuh,itu sifat asli bangsa indonesia??
    pakai survey dong jgn seperti itu,itu ada tujuannya untuk membuat sifat bangsa kita lebih baik,tapi sifat asli bangsa kita???
    tanya sendiri..

    BalasHapus
  9. Membaca ke 18 karakter tersebut sepertinya Bangsa kita jauh dari kriteria, tetapi jika dimulai dari diri sendiri sepertinya lebih baik...

    BalasHapus
  10. ini daftar karakter rakyatnya bro, kalo pemimpinnya kayaknya gak deh..hehe piss

    BalasHapus
  11. untung juga ada mas ari kalau enggakbisa di hukum deh 'ama' guru!!!!!

    BalasHapus
  12. betul, buktinya ada veteran bawahan bung tomo masuk koran (kira2 2 tahun lalu). Pemerintah juga gak tau kalo dia juga ikut perang pada jaman bung tomo

    BalasHapus
  13. yang pasti 18 karakter bangsa itu indonesia tak memiliki sama sekali... makanya bangsa ini sering tertimpa musibah,,

    BalasHapus
  14. Mudah-mudahan masyarakat indonesia terutama generasi muda kita memiliki 18 karakter bangsa sehingga tercipta bangsa Indonesia yang berkeadilan sosial,beradab dan bermartabat untuki indonesia maju dan jaya

    BalasHapus
  15. setuju !!!!
    bagus nih artikel nya ketika yang lain ngomongin yang jelek tentang bangsa kita (oknum palsu) . bukan nya bangga atau senang jadi bangsa indonesia .. karena sekarang saya sedang melanjutkan studi saya di perancis dan itu beasiswa dari pemerintah kok !!.. so, ketika mencari di google dengan keywords "karakter" "ciri-ciri" orang indonesia , yang keluar semua yang jelek2 nya tentang indonesia, nah untung ada artikel agan yang bisa di ambil manfaat nya !!!. lanjutkan sob ... biar bangsa indonesia jadi makin bermartabat !

    BalasHapus
  16. Terima kasih postingannya kakak :)

    BalasHapus
  17. Tulisan diatas adalah tujuan bukan keadaan sekarang

    BalasHapus
  18. Memang dulu kita ramah dan jujur saking sering dibohongi penjajah dan pejabat kita sendiri orang orang jadi khawatir dengan kejujuran

    BalasHapus
  19. Yang saya alami adalah : kebanyakan orang indonesia itu suka jalan pintas untuk segala sesuatu. Korupsi untuk cepat kaya; mengendarai lawan arus untuk cepat sampai tujuan;bikin SIM lewat jalur cepat biar tidak repot;dan masih banyak lagi.bukan begitu?

    BalasHapus
  20. :) Aaah terima kasih sekali utk artikelnya kak :) bahan diskusinya lengkap deh ;)

    BalasHapus

Follow Us

About Me

Ari Kurniawan (@idearik) : Penulis sekaligus pemilik dari Dearryk.Com, saat ini masih duduk di bangku SMA. Punya cita-cita menjadi pengusaha atau pembuat robot.

Hobi membuat mainan dari kertas (paper toys) dan menulis.

Saya Bagian Dari...

Cerpenmu
Photobucket

Stats

Check PageRank

© Dearryk.Com All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates