10.01.2010

Main Catur Di Blog

Main catur adalah permainan otak, walaupun terlihat sederhana. tapi, bermain catur bisa membuat seseorang berkeringat. mungkin saking stressnya atau memang tempatnya bermain yang tanpa AC. Kalau menurut saya, bermain catur itu seperti menggerakan sebuah kerajaan untuk menyerang kerajaan lain. dan saat pemimpinnya sudah kalah, maka kerajaan itu akan hancur dan jatuh ke tangan lawan. atau dalam catur disebut skak mat.

Nah, kembali ke judul postingan ini. apakah mungkin bermain catur menggunakan blog? Mungkin dan Bisa! Untuk hal ini, anda tidak perlu merubah warna dasar blog anda menjadi hitam atau pun putih, biarkan saja seperti itu. Permainan catur ini tidak usah di download dan anda tidak usah mengeluarkan uang sepeser pun. kecuali untuk membayar biaya internetan.

Kalau dalam permainan catur biasa ada 16 bidak, dalam catur kali ini hanya ada 6 saja. Kok aneh? Saya kan bilang main catur, dan menurut saya bermain catur itu adalah menyerang kerajaan lain dengan kerjaan kita. kalau jumlah pasukan kita cuma 5, bagaimana mau menyerang dengan 15 orang?

Baiklah, berikut ini adalah penjelasan bidaknya dan cara main catur di blog ala Dearryk :

Raja - Raja dalam catur ini adalah ide anda. jadi, semakin hebat dan banyak ide anda semakin kuat pula raja anda akan berdiri. Tapi, saat ide anda habis dan anda malas untuk berpikir. seketika itu raja anda akan tumbang dan kerajaan anda direbut orang.

Menteri - Menterinya adalah kegilaan anda dalam menulis. karena kegilaan anda bisa berjalan dan merambat kemana saja, seperti gerakan menteri yang bebas dan tidak terkendali. inilah yang sebenarnya menjadi penyerang terkuat dan benteng terkokoh kerajaan anda.

Benteng - Benteng bergerak secara lurus pada garis vertikal atau horisontal. benteng ini sama dengan niat dan tujuan anda dalam blogging. jika tujuan anda berliku-liku, maka akan sangat sulit untuk ditempuh. bukan begitu?

Gajah - Nah, kalau gajah ini gerakannya melintang. gajah sebenarnya tidak terlalu hebat dalam catur. tapi, dia adalah salah satu yang paling diperhitungkan. dan hal ini sama seperti motivasi dalam blogging, walau sebenarnya motivasi itu tidak terlalu hebat. tapi, tanpa motivasi maka yang lain tidak akan berjalan maksimal.

Kuda - Ini adalah bidak catur favorit saya. kuda bagaikan nyawa kedua dalam permainan catur setelah raja, gerakannya saja unik. membentuk huruf "L", belum lagi geraknya yang sulit ditebak. Kalau dikaitkan dengan blogging, kuda ini seperti komentar. para komentator yang datang dan berkomentar seakan memberikan semangat tambahan saat blogging, tapi komentar mereka sulit ditebak. bisa pujian, bisa cacian.

Pion - Banyak yang mengira kalau pion hanya sebagai tumbal dalam catur, tapi sebenarnya pionlah yang paling dasyat dan bisa membantu kita menembus batas. walau pertahannya kecil, tapi bukankah pion bisa mengalahkan raja asal posisinya pas? belum lagi kalau promosi (Pion melaju sampai garis paling akhir), kita bisa mendapatkan bidak yang berbeda dengan awal permainan. misalnya, dua menteri. Nah, kalau dalam blogging inilah postingan/artikel/tulisan anda. dan inilah sebenarnya penyerang dan penjaga utama anda.

Jadi, siapa yang mau main catur bareng saya melawan Grand Master kita, Pak Utut Adianto?
Posted By: Ari Kurniawan

Main Catur Di Blog


Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

6 komentar:

  1. hahag...
    asyik juga tuh, walau saya sering kalah. tapi minimal saya bisa main catur ala blogging. hemmm...gajah itu yang jalannya menyamping? kalau istilah di tempat saya itu menteri. tapi menteri yang di sebut mas Dearryk di postingan itu bernama Ster di tempat saya...hehe...mungkin punya saya tidak internasional istilahnya.

    kalau saya Raja masih aman, menteri kadang ada kadang tidak, kuda masih relatif dan labil, pion masih jalan, benteng? ini yang harus saya benahi lagi...hehe...sepertinya benteng saya masih perlu ditata ulang biar tidak ada kesalahan...hehe...

    ea saya mau ikutan tuh, kita tunggu dulu siapa yang mau ikutan lagi...hehe...

    BalasHapus
  2. Kalau ditempat saya, gajah itu namanya peluncur. sedangkan menteri tetap menteri atau ratu. saya menggunakan istilah yang ada dirumahnya Om Wiki, mas. jadi, mungkin itu istilah Internasional.

    Benteng itu memang harus bisa lurus, mas. kalau tidak lurus, nanti malah berbelok kemana-mana dan jadi pengkhianat bangsa kita.

    Saya mau ikut dan pasti kalah, mas. tapi, kira-kira Pak Utut ngeblog nggak ya?

    BalasHapus
  3. hahag...
    ya mas, tadi saya sudah tanya sama temen yang masternya emang yang bener seperti disampaikan mas Dearryk. malah tadi dilihatin formasi catur! walah...ada jurusnya rupanya...hehe...

    hahag...betula mas, apalagi jalannya nyamping. sambil lurus selingkuh nyamping. jadi nggak maksimal.

    hahag...tidak kayaknya, sibuk ngurusin acara ngajar di rumah...hehe...

    BalasHapus
  4. Tiap daerah pasti beda-beda mas, bhineka tunggal ika. walau namanya berbeda-beda, cara mainnya tetap sama kok.

    Itu namanya merebut wilayah gajah, mas.

    Berarti saya pasti menang kalau main catur di blog lawan pak Utut.

    BalasHapus
  5. hey! kalau di tempat saya gajah itu concom

    BalasHapus

Follow Us

About Me

Ari Kurniawan (@idearik) : Penulis sekaligus pemilik dari Dearryk.Com, saat ini masih duduk di bangku SMA. Punya cita-cita menjadi pengusaha atau pembuat robot.

Hobi membuat mainan dari kertas (paper toys) dan menulis.

Saya Bagian Dari...

Cerpenmu
Photobucket

Stats

Check PageRank

© Dearryk.Com All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates